Tulang Napier Untuk SD Kelas 4


Tulang Napier -  Alat Peraga Matematika


Tulang Napier -  Alat Peraga Matematika

Materi
Materi matematika bersifat hierarkis, yang berarti dalam mempelajari matematika harus menguasai konsep sebelumnya yang menjadikan prasyarat untuk memahami konsep yang selanjutnya.

Dalam kaitannya dengan  hal tersebut maka kita perlu untuk menanamkan konsep dasar untuk dapat memahami konsep selanjutnya


Untuk membantu siswa dalam memahami konsep matematika yang bersifat abstrak, maka dalam proses pembelajaran diperlukan bantuan penyajian materi yang berupa benda konkret, yang mana benda tersebut dapat dikatakan sebagai alat peraga.

Penanaman konsep awal tentang perkalian akan disajikan dalam bentuk alat peraga



Latar belakang

Matematika oleh sebagian besar siswa masih dianggap sebagai momok, ilmu yang kering, penuh dengan lambang-lambang, rumus-rumus, yang sulit dan membingungkan.

Terkait dengan anggapan berlebihan mengenai matematika, ditemukan beberapa penyebab fobia matematika antara lain adalah mencangkup penekanan berlebihan pada penghafalan semata, penekanan pada kecepatan berhitung, pengajaran otoriter, kurangnya variasi dalam proses belajar mengajar matematika dan penekanan berlebihan terhadap prestasi individu (Masykur dan Fathani, 2008 :  74).

Sebagai jembatan proses berfikir pada taraf perkembangan intelektual, seorang guru hendaknya memikirkan cara-cara penyampaikan materi yang efektif dan menarik agar konsep yang disampaikan dapat diterima dengan mudah oleh siswa.
   
Maka dari itu, penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat memudahkan para siswa dalam memahami materi dan lebih tertarik mempelajari konsep-konsep pembelajaran matematika


Tulang Napier merupakan alat peraga berupa potongan-potongan melamin panjang yang telah diberi angka-angka yang digunakan sebagai alat bantu hitung perkalian, seperti gambar berikut:


Alat ini merupakan alat peraga untuk membantu siswa agar lebih praktis dalam mengalikan bilangan bulat

Guru dapat membantu cara penggunaan alat peraga ini dengan mudah sekaligus dapat  dibuat oleh siswa

Dengan alat peraga ini siswa dapat mencari hasil kali dari perkalian 1-10 atau lebih



Semoga bermanfaat buat anda semua yang sedang mencari  contoh alat peraga, saya rasa ini cocok untuk dijadikan alat peraga

Pembuat Alat Peraga Matematika - Tulang Napier
Nama        : Uswatun Hasanah
Facebook : http://www.facebook.com/hana.alhasan
Email         : uswatun_hasanah_27@ymail.com

Related product you might see:

Share this product :

+ komentar + 2 komentar

3 Desember 2013 pukul 20.04

saya mau beli alat peraga tulang napier, gmna caranya? brp hrgany?

23 November 2016 pukul 00.32

contoh pengunaannya?

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Alat Peraga Matematika - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger